Definisi Komunikasi
Pemasaran Menurut Para Ahli
Dasar
dari sebuah pemasaran yaitu komunikasi yang efektif dan efesien, sehingga
komunikasi dan pemasaran dapat powerful. Komunikasi pemasaran merupakan cara
bagaimana menarik konsumen atau khalayak menjadi aware atau meningkatkan kesadaran masyarakat, mengenal dan mau
membeli suatu produk atau jasa lewat saluran komunikasi (Prisgunanto, 2006). Komunikasi
pemasaran yaitu semua elemen promosi dari marketing
mix yang melibatkan komunikasi antarorganisasi dan target audiens yang
bentuknya ditujukan untuk performance pemasaran
(Prisgunanto, 2006:8)
Komunikasi
pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha untuk menyebarkan informasi,
mempengaruhi/membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan
produknya agar bersedia untuk menerima, membeli dan loyal pada produk yang
ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan (Tjiptono, 1995:219)
William G. Nickels dalam bukunya
Marketing Communication and Promotion (1984) mendefinisikan komunikasi
pemasaran yaitu adanya proses pertukaran
informasi yang dilakukan secara persuasif sehingga proses pemasaran dapat
berjalan secara efektif dan efisien (Purba, dkk, 2006: 126).
Kegiatan komunikasi pemasaran merupakan
rangkaian kegiatan untuk mewujudkan suatu produk, jasa, ide, dengan menggunakan
bauran pemasaran (promotion mix) yaitu : iklan (advertising), penjualan tatap
muka (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan
masyarakat dan publisitas (public relation and publicity) serta pemasaran
langsung (direct marketing) (Purba, dkk, 2006: 126 – 127).
Menurut Koetler dan Keller, “marketing communications are the means by
which firm attempts to inform, persuade, and remind consumers-directly or
indirectlyabout the product and brand they sell”. Komunikasi pemasaran
merupakan sarana bagi perusahaan untuk menginformasikan, membujuk, dan
mengingatkan konsumen baik secara langsung atau tidak langsung tentang produk
dan merek yang mereka jual. Komunikasi pemasaran mewakili “suara” dari
perusahaan dan merek perusahaan serta sarana yang dapat membangun dialog dan
juga membangun hubungan dengan konsumen (Kotler, 2009 : 510). Untuk berkomunikasi secara efektif, pemasar perlu
memahami sembilan unsur-unsur fundamental yang mendasari komunikasi yang
efektif yang melibatkan: (1) sender, (2) encoding, (3) message,
(4) media, (5) decoding, (6) receiver, (7) response, (8) feed
back, dan (9) noise (Kotler dan Keller, 2009: 514-515).
Komunikasi pemasran menurut
(Soemanagara,2008:72) merupakan aplikasi komunikasi yang ditujukan untuk
membantu kegiatan pemasaran sebuah perusahaan. Aplikasi tersebut sangat
dipengaruhi oleh berbagai bentuk media yang digunakan. Komunikasi pemasaran
dapat juga sebagai kegiatan komunikasi yang ditunjukan untuk menyampaikan pesan
kepada konsumen dan pelanggan dengan menggunakan sejumlah media dan berbagai
saluran yang dapat dipergunakan dengan harapan terjadinya tiga tahapan
perubahan, yaitu : perubahan pengetahuan, perubahan sikap, dan perubahan
tindakan yang dihendaki. Adapaun jenis media yang digunakan seperti : poster,
banner, fliers, televisi, radio, majalah, dan surat kabar. Komunikasi pemasaran
membahas beberapa masalah yang memiliki kaitan erat, dan yang akan mempengaruhi
serta strategi aplikasi komunikasi dalam pemasaran.
Komunikasi Pemasaran Terpadu merupakan
sebuah proses komunikasi yang terdiri dari perencanaan, kreasi, integrasi dan
implementasi atas berbagai bentuk komunikasi pemasaran (seperti periklanan,
promosi penjualan, event, dsb) yang dilakukan secara berkala terhadap prospek
dan target konsumen dari sebuah produk atau merek (Shrimp, 2003: 321)
Referensi:
http://digilib.ump.ac.id/files/disk1/19/jhptump-a-triyuniant-912-2-babii.pdf
http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/500/3/T1_362006801_BAB%20II.pdf
Komentar
Posting Komentar